Pay Thiaw Pratheet Thai kan / Ayo Jalan-jalan ke Thailand – Khaosan

Ingin rasanya berbagi pengalaman dengan teman-teman tentang tempat-tempat wisata di Thailand setelah sekitar 10 tahun saya mengenal Thailand, baik itu bahasa, orang, wilayah, cara hidup, dan budayanya. Dari 76 provinsi di Thailand, mungkin lebih dari 85% propinsi sudah saya kunjungi, ada yang satu kali, dua kali, bahkan berkali-kali. Baik itu dalam rangka perjalanan studi, jalan-jalan atau mengantar para kostumer dari Indonesia, dari yang perorangan ataupun lembaga. Baik murni jalan – jalan wisata ataupun membuat suatu program liputan. Berikut ini sebagian dari pengalaman saya.

Jalan Khaosan

Apa dan Dimana jalan Khaosan?

Jalan Khaosan yang artinya jalan beras atau Khao San Road atau dalam bahasa Thai disebut “thanon Khaosarn” adalah suatu jalan yang berjarak pendek di tengah – tengah kota Bangkok. Jalan ini terletak di kawasan Banglamphu, daerah Phra Nakhon. Berjarak sekitar 1 km di sebelah utara Istana Raja dan Wat Phra Kaew. Kawasan ini mulai dikenal oleh dunia sebagai tempat tinggal wisatawan “Backpacker”. Dikarenakan ditujukan untuk wisata ekonomis, maka harga penginapan di daerah ini relative murah. Begitu juga dengan harga makanan, juga relative murah. Berbagai jenis hotel dan guest house tersedia di daerah ini. Dari yang dorminatory dengan kamar tidur bergabung wisatawan lain, hingga kamar yang ekonomis, baik yang ber AC maupun yang tanpa AC. Namun bagi yang menginginkan kenyamanan hotel sekelas bintang tiga pun tersedia di daerah ini. Sebagai kawasan wisata, di jalan ini akan banyak ditemukan toko-toko kerajinan, rumah makan, bar, diskotik, agen –agen perjalanan, bahkan tempat kursus memasak makanan Thai ataupun Thai boxing juga tersedia. Maka tidaklah heran jika daerah ini digunakan untuk mangkal dan persinggahan para turis sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah lain. Sekarang ini, kampong wisata di kawasan ini tidak hanya di jalan khaosan saja, namun sudah berkembang sampai di jalan Phra Athit dan Bang Lampu.

Keuntungan Tinggal di Daerah Khaosan

Jalan khaosan berada di jalan protokol dari kantor-kantor pemerintahan dan Istana Raja (Grand Palace. Bagi mereka yang datang dengan tujuan untuk berwisata budaya, tinggal di daerah ini sangatlah tepat karena dekat dengan tempat-tempat bersejarah di Thailand, misalnya Grand Palace- Emerald Buddha Temple, Wat Pho (sleeping Buddha temple), Wat Arun (Dawn Temple), National Museum, Democracy monument, Golden Mountain Temple, dll. Atapun wisata alam lainnya, misalnya jalan-jalan dengan perahu di sungai Chaophraya dan dermaga untuk ke Talingchan floating Market. Anda dapat melakukannya dengan jalan kaki. Selain itu jalan Khaosan dilewati angkutan bus keseluruh wilayah kota Bangkok selama 24 jam. Seandainya anda ingin melakukan perjalanan ke tempat wisata lain, misalnya Samui Island, Krabi, Phuket, Chiang Mai, anda bisa membeli tiket bus di sini harganya lebih murah daripada anda membeli tiket bus untuk angkutan orang local dan servis ini hanya untuk orang asing orang Thai TIDAK DIIJINKAN memakai pelayanan ini.


Transportasi

Cara-cara pergi ke jalan khaosan, seandainya anda berada di bandara udara Suvarnabhumi, anda dapat menggunakan kendaraan:

  1. Taxi meter: Anda cukup katakan bahwa anda ingin pergi ke jalan Khaosan, kira –kira 350 baht termasuk biaya toll dan tambahan charge 50 baht.
  2. Bus Airport, ada airport bus yang langsung ke kawasan khaosan atau sebaliknya. Biaya tiket 150 baht / orang
  3. Bus 556 : bis ini bisa anda temukan di terminal bus airport suvarnabhumi, dari lantai kedatangan anda naik shuttle bus (gratis) ke terminal, lalu naik bus 556 biaya 35 baht.

Selain itu, dari Khaosan, tepatnya dari jalan Ratchadamnoen, anda bisa melakukan perjalanan ke seluruh wilayah Bangkok, misalnya :

Ke stasiun BTS Ratchathewee, Siam Paragon, MBK, Siam Square, Central World, Pratunam, Panthip Plaza (pusat computer) anda bisa naik bis nomer 79 (AC, cat berwarna oranye) biaya antara 14-16 baht.

Ke Southern bus terminal (terminal bus untuk tujuan Thailand selatan), anda bisa naik bis nomer 511, 516 (AC) tariff kira-kira 12-16 baht.

Ke terminal Ekamai (terminal arah ke Pataya, Rayong, Trat, dll), anda bisa naik bis nomer 2 (non Ac) tariff 6 baht.

Ke Ramkhamhaeng, Siam Park anda bisa naik bis nomer 60 (AC, tariff 18-22 baht)

Tempat Makan

Bagi anda yang suka makan TomYam Udang (TomYum Kung) anda rrekomendasikan anda mencoba tom yam di restaurant yang bernama tomyum kung ( berada di Jalan Khaosan) atau restaurant Take a Seat di Jalan Phra Athit. Bagi anda yang menginginkan untuk duduk bersantai sambil menikmati secangkir kopi dan sepotong cake anda bisa mengunjungi warung Coffee & More yang berada di Baan Phra Athit, jalan Phra Athit.. Selain itu bagi anda yang menginginkan makan di warung yang penjualnya Muslim. Anda bisa makan di rumah makan nasi kebuli (ayam, sapi, kambing) dan martabak yang berada di seberang Taman Phra Athit (buka saat makan siang-malam), atau warung makan di pojokan bunderan Banglampu, di samping warung es krim swensen dan minimarket seven eleven, atau di jalan Cakraphong, (100 meter dari jalan khaosan, ada masjid dan warung makan muslim), atau di restoran milik hotel New World Lodge (ada di Samsen soi/gang 2, Banglampu). Kalau tidak ada waktu, anda bisa mencari makanan angkringan di sepanjang jalan khaosan. Ada beberapa penjual yang muslim juga

Penginapan

Penginapan di jalan khaosan untuk standard double, atau twins tarifnya berkisar antara 750 – 850 baht termasuk ABF. Penginapan yang cukup disukai dan terkenal adalah D&D hotel, Dang Derm, dan Sawasdee. Untuk yang berbintang adalah Vientai hotel dan Rattanakosin hotel.

Bagi anda yang ingin menginap di hotel yang pemiliknya muslim dan semua makanannya halal, anda bisa menginap di hotel New World Lodge (ada di Samsen soi/gang 2, Banglampu), tariff berkisar 1400 baht

Demikian informasi tentang Jalan khaosan di Bangkok, untuk tempat wisata edisi berikutnya, saya tunggu komentar dan usulan dari teman-teman.

Khaosan 1
Khaosan 1
Khaosan 2
Khaosan 2

Talingchan, Bangkok 19-6-2009

Hamam Supriyadi

Comments

comments