Wawancara dari ASEAN Association-Thailand

Pada hari Sabtu, 10 Juli 2010 yang lalu, sekretariat PERMITHA mendapatkan kunjungan dari salah seorang staf dari ASEAN Association-Thailand, Ministry and Foreign Affairs, Ms. Panitnart Rojanabenjanwong.

dsc01673

Ms. Panitnart merupakan salah satu peserta dari Pelatihan Bahasa Indonesia untuk Warga Thailand yang diadakan oleh KBRI Bangkok dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Thailand. Dari pelatihan tersebut, Ms. Panitnart mengetahui keberadaan PERMITHA sebagai perkumpulan mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand dan tertarik untuk melakukan wawancara.

Ms. Panitnart mengelola sebuah buletin yang diterbitkan triwulan-an. Dan untuk edisi berikutnya, beliau ingin menampilkan pendapat-pendapat mengenai rencana ASEAN untuk membentuk kerjasama seperti Europan Union (EU) pada tahun 2015. Rencana tersebut merupakan kelanjutan dari rencana ASEAN Free Trade Area pada tahun 1992 lalu.

Dalam wawancara tersebut, PERMITHA dimintai pendapat mengenai rencana ASEAN bersatu tersebut dari kacamata mahasiswa dan juga warga Indonesia. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mempermudah penyesuaian dari pasar bebas tersebut adalah ditingkatkannya intensitas pertukaran pelajar antar negara. Wawancara tersebut berlanjut ke diskusi yang komprehensif mengenai berbagai aspek yang ada di negara-negara ASEAN. Hasil dari wawancara tersebut akan dimuat dalam buletin rutin yang mereka terbitkan. (FW)

Comments

comments