Seminar “The Role of Indonesian Students in the Scientific Development in Indonesia” dan Workshop Metodologi Penelitian

Pada hari Jum’at dan Sabtu, 24 dan 25 September yang lalu, Permitha bekerjasama dengan KBRI telah mengadakan seminar “The Role of Indonesian Students in the Scientific Development in Indonesia” dan workshop metodologi penelitian di Hotel Eastin Makassan, Bangkok. Seminar ini merupakan seminar yang dilakukan untuk memberikan sumbangsih kepada Indonesia dari segi penelitian. Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand melakukan presentasi yang dilakukan untuk menunjukkan apa saja yang sedang mereka teliti selama belajar di sini. Total ada 35 makalah yang dipresentasikan dan nantinya akan diprosidingkan.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Mohammad Hatta, Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Thailand. Beliau mengharapkan bahwa seminar ini dapat menunjukkan kontribusi langsung para mahasiswa kepada Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan keynote speech dari Assoc. Prof. Winai Dahlan, ketua Halal Science Center Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand. Beliau, yang merupakan cucu dari KHA Dahlan, menjelaskan bagaimana Indonesia dan Thailand dapat memberikan kontribusi langsung pada perkembangan makanan halal di dunia. Diskusi ini dimoderatori langsung oleh Prof. Didik Sulistyanto, Atase Pendidikan RI untuk Bangkok.

Setelah paparan dari Ajarn Winai, dilaksanakan presentasi panel yang disampaikan oleh Prof. David Banjerdpongchai (Chulalongkorn University), Prof. Kovit Pattanapanyasat (Mahidol University), dan Dr. Wisnu Nurcahyo (Universitas Gadjah Mada). Diskusi ini dimoderatori langsung oleh Hakimul Batih. Panel ini mendiskusikan bagaimana perkembangan keilmuan yang sedang berlangsung di Thailand dan Indonesia. Diharapkan mahasiswa akan termotivasi untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.

Setelah pelaksanaan diskusi panel tersebut, seminar langsung dibagi dalam dua ruangan. Ruangan A membahas mengenai bidang agrokompleks dan sosial humaniora. Sedangkan ruangan B membahas mengenai sains dan teknologi dan ilmu kesehatan. 35 makalah yang dipresentasikan di kedua ruangan tersebut merupakan hasil penelitian dari para mahasiswa yang sedang belajar di Thailand. Melalui presentasi ini, para mahasiswa dapat saling mengetahui apa saja yang sedang dipelajari oleh teman-teman mahasiswa yang lain. Seminar ini dibagi dalam 2 sesi yang dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 September 2010.

Setelah pelaksanaan seminar, pada 25 siang dilaksanakan workshop metodologi penelitian yang diisi oleh Dr. Wisnu Nurcahyo dari Universitas Gadjah Mada. Workshop ini dilaksanakan untuk memberi bekal pada para mahasiswa yang ada di Thailand untuk melakukan penelitian. Dr. Wisnu memaparkan kondisi penelitian di Indonesia dan bagaimana tips untuk menyusun proposal penelitian yang baik.

Setelah pelaksanaan workshop, acara dilanjutkan dengan makan malam dan ramah tamah dengan Bapak Dubes LBBP RI untuk kerajaan Thailand di Wisma Indonesia, KBRI Bangkok. Acara ini sekaligus dilaksanakan untuk menutup acara seminar dan workshop ini secara resmi. Selain acara makan malam, acara ini dimeriahkan juga dengan berbagai kesan dan pesan dan juga karaoke.

Kami berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi Indonesia pada umumnya dan mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand pada khususnya. (FW)

Video by Fadhila Hasby

Comments

comments