Cultural Show 2011 @ Asian Institute of Technology (AIT)

Dear rekan-rekan PERMITHA,

Cultural show yang diadakan oleh student union AIT merupakan ajang pengenalan budaya dan kreasi berbagai Negara di kawasan Asia Pasifik, Eropa dan Afrika oleh mahasiswa AIT setiap tahun sekali. Tema cultural show kali ini adalah “We unite in Solidarity”, tema dan logo ini diambil dalam ajang Logo & Theme Competition for the cultural show 2011. Tema dimenangkan oleh mahasiswa Indonesia bernama Zulfauzein Nadra (ketua PERMITHA AIT) dan Aditya Kumar Agarwal dari Nepal sedangkan pemenang logo bernama Niyonta Islam dari Bangladesh.

logo-permitha-kecil

Setiap kegiatan dilombakan untuk menambah semangat masing-masing Negara dan rasa kekeluargaan antar Negara. Oleh karena itu kreatifitas dan kekompakan kelompok dalam bekerja sangat penting dalam menyiapkan pentas kesenian sehingga dengan adanya cultural show rasa persahabatan dalam dan antar Negara terjalin lebih baik dan harmonis. Salah satu tujuan lain adalah membuka wawasan mahasiswa akan budaya dan kebiasaan mahasiswa Negara lain, sehingga mendukung terciptanya toleransi satu sama lain.

logo-permitha-kecil

Dear rekan-rekan PERMITHA,

Acara cultural show di AIT tahun ini telah dilaksanakan pada tanggal 1 april 2011 mulai pukul 17.30 (waktu setempat) bertempat di gedung AITCC kampus AIT Pathumthani Thailand. Acara yang dihadiri oleh bapak Atase Pendidikan RI untuk Bangkok Bapak Didik Sulistiyanto beserta keluarga, ketua PERMITHA Pusat Bapak Lesnanto Putranto beserta team, serta rekan-rekan keluarga Indonesia menjadi semakin meriah dan menambah semangat tersendiri bagi keluarga PERMITHA AIT yang hendak tampil pada acara tersebut.
Keluarga PERMITHA AIT memandang partisipasi dalam kegiatan ini merupakan suatu hal yang penting dalam merepresentasikan eksistensinya sebagai duta bangsa Indonesia di dalam lingkungan AIT, dan sekaligus juga sebagai sarana pengenalan, serta promosi Indonesia kepada komunitas AIT yang berasal dari berbagai Negara di belahan dunia. “Cultural show kali ini kami mengikuti semua bidang yang di kompetisikan, biar Indonesia semakin eksis mas” kata ketua PERMITHA AIT.

Cabang show yang dikompetisikan adalah:
1. Singing Competition

logo-permitha-kecil

Dear rekan-rekan PERMITHA,

Pada kompetisi ini, mahasiswi Indonesia berbakat asal Kab. Jember Jawa Timur yang sedang menempuh program Doctoral student AIT di School of Environment, Resources & Development bidang Agricultural System and Engineering bernama Nita KW menyanyikan secara apik sebuah lagu berjudul “The Power of Love”. Negara – Negara yang mengikuti kompetisi menyanyi ini adalah dari Bangladesh, India, Indonesia, Myanmar, Nepal, dan Thailand.

2. Drama Competition

Indonesian Student Association di AIT menyuguhkan sebuah drama kolosal yang bercerita tentang dongeng Aji Saka dan asal mula huruf Jawa. Drama competition ini di ikuti oleh 3 negara yaitu Indonesia, Nepal, dan Vietnam.

3. Dance Competition

Kompetisi tari pada Cultural Show 2011 ini diikuti oleh beberapa Negara yaitu : Bangladesh, India, Indonesia, International, Lao, Myanmar, Nepal, dan Vietnam. Pada kompetisi tari ini keluarga PERMITHA AIT mengunakan konsep tari gabungan. Mereka mengemas beberapa tarian menjadi satu rangkaian sehingga menjadikannya semakin elok untuk disaksikan. Tarian yang diambil adalah tari Jaipong dari Jawa Barat, tari Wira Pertiwi dari Jawa Tengah, tari Perang dari Papua dan modifikasi modern dance sebagai gerakan penutup.

4. Talent Show

Kompetisi talent show ini di ikuti oleh 4 orang peserta, dua orang peserta bernama Aquilla A Jundiy dan Akhsya Asyfa Azieda merupakan putra putri pasangan Bapak Risdy (doctoral student AIT) dan Ibu Luluk. Keduanya anak tersebut unjuk kebolehan dalam bidang menyanyi, dua orang peserta lain berasal dari Negara China dan Myanmar.
Puji syukur kepada Tuhan YME keikutsertaan keluarga PERMITHA AIT dalam AIT cultural show 2011 ini mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa.


Mereka berhasil menyabet juara pertama singing competition dan juara pertama dance competition, serta Akhsya Asyfa Azieda mendapatkan juara kedua talent show. Untuk drama competition mereka belum berhasil mendapatkan juara akan tetapi sepertinya mereka telah menjadi juara dihadapan penonton dengan terdengarnya tepuk tangan yang sangat meriah dari penonton pada saat drama dipentaskan.


Kepada pengurus, keluarga PERMITHA AIT juga menyampaikan ucapkan terimakasih sebesar – besarnya kepada KBRI dalam hal ini kepada Atase Pendidikan RI untuk Bangkok Bapak Didik Sulistiyanto atas bantuan material dan spiritual sehingga PERMITHA AIT dapat berpartisipasi dalam kegiatan cultural show 2011 ini, ucapan terimakasih juga diberikan kepada pengurus PERMITHA pusat Bapak Lesnanto dan team, serta semua rekan- rekan yang telah hadir memberikan semangat kepada rekan – rekan PERMITHA AIT.
Semoga PERMITHA akan selalu berjaya membanggakan nama Indonesia mencetak prestasi di berbagai bidang baik akademik maupun non akademik dan dapat selalu berpartisipasi dalam acara – acara yang membawa nama Indonesia.
(Ditulis oleh Dimaz Dp Nugroho, dokumentator Lia Rhaptyalyani dan Rahardi Yonioristanto)

Note:
sampai ditulisnya artikel ini video resmi pertunjukan keseluruhan penampilan dalam cultural show 2011 belum diedarkan oleh AIT student union, apabila nanti ada yang berminat dapat menghubungi pengurus PERMITHA. Khusus untuk penampilan Indonesia sudah diupload oleh dokumentator yang diambil menggunakan kamera pribadi dan bisa disaksikan pada link – link dibawah ini:

AIT Cultural Show 2011 Singing Competition
AIT Cultural Show 2011 Dance Competition
AIT Cultural Show 2011 Drama Competition part1
AIT Cultural Show 2011 Drama Competition part2
AIT Cultural Show 2011 Drama Competition part3
Indonesian in AIT Cultural Show 2011 – On the Stage

Comments

comments