BUS DI BANGKOK

Salah satu cara untuk mengelilingi daerah sekitar Bangkok adalah menggunakan bus. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan moda transportasi ini.

Kelebihan :

  1. Murah – dengan harga antara 6.5 baht hingga 25 baht dari ujung Bangkok ke tengah kota dan sebaliknya
  2. Tidak perlu untuk memberitahu kepada sopir bus atau kondektur untuk pergi ke suatu tempat, karena rute bus dapat menjangkau keseluruhan Bangkok
  3. Dibandingkan mengendarai kendaraan, bus tidak memerlukan tempat parkir

Kekurangan :

  1. Pada jam-jam sibuk, bus akan menjadi sempit dan hampir tidak ada tempat duduk
  2. Polusi udara akan menjadi masalah bagi Anda yang sedang menunggu bus, terkadang panasnya udara menjadi hal yang pelik
  3. Butuh peta yang menggunakan Bahasa Inggris, karena hampir semua peta menggunakan Bahasa Thailand
  4. Lebih lambat daripada taxi, skytrain (BTS), ojek, dan mengendara sendiri
  5. Semua bus berhenti beroperasi pada pukul 22.00-23.00 WIB
  6. Jika Anda berbelanja begitu banyak, ada baiknya menggunakan taxi daripada bus

Cara menggunakan bus

Oleh karena kebanyakan bus tertera dalam Bahasa Thailand dan hanya “angka bus” dan “tipe bus” yang tertera dalam Bahasa Inggris, akan lebih baik jika Anda menggunakan peta rute bus. Anda dapat menggunakan “Bangkok Bus Guide Book” seperti dalam gambar :

Bus Guide Book

Gambar 1. Buku tentang Peta Rute Bus Bangkok

Buku tersebut tersedia di toko-toko buku yang berada di seluruh mall di Bangkok.

Bus tidak selalu berhenti di bus stop. Mereka berhenti jika ada penumpang bus yang akan turun dan jika ada orang yang melambai-lambaikan tangannya untuk isyarat akan naik bus. Caranya melambai adalah dengan posisi tangan seperti pada gambar dan jari-jari melambai ke atas.

Cara berhentikan bus

Gambar 2. Cara melambai-lambai untuk isyarat naik bus

Cara ini juga berlaku untuk menaiki taxi, tuk-tuk, dan ojek.

 

Jenis Bus :

Berikut ini adalah macam-macam bus beserta harganya :

  1. Bus berwarna merah dan putih ini tidak memiliki AC. Bus ini dioperasikan oleh Pemerintah Thailand. Hampir di semua Bangkok, kita dapat menjumpai bus ini. Harganya adalah 6.5 Baht.

Bus termurah

Gambar 3. Bus termurah di Thailand

Ada bus yang berwarna sama dan sama-sama dioperasikan oleh Pemerintah, tetapi ada tulisan Bahasa Thai di papan biru yang panjang di sepanjang kaca depan bus. Tulisan tersebut menandakan bahwa bus tersebut adalah gratis. Jika Anda melihat bus dengan deskripsi tersebut, segeralah kejar karena banyak orang mengincar bus gratis itu.

 

Bus gratis

 Gambar 4. Bus GRATIS di Thailand

  1. Bus berwarna putih biru ini juga tidak memiliki AC. Bus ini dioperasikan oleh pihak swasta. Bus ini juga sering dapat kita temui di Bangkok. Harganya adalah 9 baht. Terkadang karena harganya sedikit lebih tinggi dari bus merah putih, penumpang yang menggunakan bus ini tidak begitu banyak.

Bus biru putih

 Gambar 5. Bus Putih Biru non-AC

  1. Bus ber-AC. Bus ini memiliki banyak varian warna dan dioperasikan oleh swasta. Harganya berkisar antara 12-13 Baht. Bus ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh dan melalui jalanan macet. Adanya AC dapat membuat stress macet hilang. Namun, terkadang karena banyaknya penumpang yang menggunakan bus ini, Anda harus bersiap-siap untuk berdiri. Kursi yang tersedia hanya berada di depan dan di belakang.

Bus AC

Gambar 6. Bus Swasta ber-AC

 

Sekian dulu ya informasinya. Nantikan judul berikutnya mengenai tips-trik menaiki bus, cultural shock, dan do’s and don’ts saat menaiki bus.

 

(AFM)

Credit by : PERMITHA

Comments

comments