SAWADI – Sistem Aplikasi Wajib Lapor Diri

Banyak keuntungan yang diperoleh WNI yang tinggal di luar negeri jika melakukan proses Lapor Diri pada Perwakilan RI setempat. Lapor Diri merupakan jembatan penghubung antara WNI dengan keluarga yang kehilangan kontak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri WNI ketika di luar negeri seperti mengalami musibah atau menjadi korban dalam  peristiwa bencana alam dan pencurian.

Perwakilan RI di Thailand telah meluncurkan Layanan Lapor Diri Online “SAWADI” Sistem Aplikasi Wajib Lapor Diri secara resmi pada Rabu, 20 April 2016. Layanan ini bertujuan untuk memperluas jangkauan perwakilan RI di Thailand dan memberikan kemudahan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian bagi Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Thailand. Selain itu terobosan baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan upaya perlindungan terhadap WNI di Thailand. Sosialisasi mengenai SAWADI telah dilaksanakan di beberapa tempat seperti pada tanggal 22-23 April 2016 di Propinsi Chonburi dan pada Sabtu, 23 April 2016 di Pattaya, Thailand. 

Jenis-jenis pelayanan yang disediakan oleh pihak Perwakilan RI di Thailand mencakup :

  1. Lapor Diri bagi pemegang paspor Dinas
  2. Lapor Diri bagi pemegang paspor biasa
  3. Pembuatan Surat Keterangan Untuk Melangsungkan Pernikahan (bagi WNI yang akan melangsungkan pernikahan di Thailand)
  4. Legalisasi/Pengesahan Surat-Surat/Dokumen Resmi Indonesia
  5. Pembuatan Surat Keterangan Lahir bagi WNI yang lahir di Thailand
  6. Pembuatan surat keterangan untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Thailand
  7. Perpanjangan Visa bagi WNI dalam rangka Internship/Pelatihan

Mengingat wilayah Thailand yang cukup luas dengan WNI yang tersebar di berbagai wilayah di Thailand, layanan SAWADI memungkinkan WNI untuk tidak harus datang ke KBRI dengan melakukan lapor diri secara online dan cukup mengirimkan email ke pihak perwakilan RI di Thailand jika terdapat perubahan data lapor diri. Fasilitas menarik lainnya yaitu WNI dapat mengecek secara online status telah terdaftar atau tidak di KBRI. Info lebih lanjut mengenai SAWADI dapat diperoleh dengan mengklik link Lapor Diri pada kolom Info di bagian atas halaman utama website ini.

Comments

comments