Berbuka Puasa di Masjid Jawa, Nuansa Tanah Air di Negeri Gajah Putih

Mengobati kerinduan tanah air bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri yaitu dengan mengunjungi tempat-tempat bernuansa Indonesia yang ada di negara tersebut.  Hal inilah yang dilakukan oleh KBRI Thailand dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand atau PERMITHA pada hari Minggu, 26 Juni 2016. Dubes beserta staff KBRI Thailand bersama dengan PERMITHA mengunjungi salah satu lokasi ikonik yang berada di jantung kota Bangkok yaitu Masjid Jawa dengan komunitas orang Jawa di pemukiman sekitar yang telah menetap dan bekerja di Thailand.

vlcsnap-error781
Sesuai namanya, masjid ini selesai dibangun pada tahun 1906 oleh orang Jawa yaitu H. Muhammad Saleh, mertua dari KH. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Interior masjid mirip dengan masjid-masjid yang ada di Jawa yaitu atap berbentuk limas, bangunan di dominasi kayu, beduk di bagian luar yang digunakan sebagai penanda waktu sholat, serta mimbar untuk imam.

250px-Masjid_Jawa_Bangkok

Pengurus masjid memasak di dapur masjid menyiapkan takjil serta makanan berbuka bagi masyarakat sekitar yang disusun di meja. Hidangan yang disajikan yaitu nasi briyani, gulai daging rusa, kari ayam, dan salad tahu yang disajikan dalam nampan besar dengan cita rasa Indonesia terselip di dalamnya.

IMG20160626184901

Keramahan pribumi sangat terasa dari para pengurus masjid dan masyarakat sekitar yang sebagian besar merupakan orang Jawa, turunan dari generasi orang Indonesia yang dibawa ke Bangkok untuk kepentingan kolonialisme pada masa Perang Dunia ke-II.

vlcsnap-error269

Dubes Ahmad Rusdi dan Ramhai Dahlan

Duta besar RI di Thailand, Bapak Ahmad Rusdi berharap kunjungan ini dapat menjaga tali silaturahmi antara masyarakat Indonesia dengan komunitas keturunan Jawa di Thailand. Kedatangan rombongan pada hari itu di sambut oleh Ramhai Dahlan, salah satu cucu KH. Ahmad Dahlan yang fasih berbahasa Indonesia. Ramhai mengatakan memang sudah merupakan rutinitas di Masjid Jawa untuk menyiapkan takjil dan makanan berbuka puasa lengkap secara gratis bagi masyarakat muslim sekitar. Hal ini yang membuat kekeluargaan mereka terus terjaga.

Comments

comments