Seminar PERMITHA dengan tema “Standarisasi Halal di Thailand”

BANGKOK. Pada hari jumat tanggal 26 Agustus 2016 lalu, Mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Thailand, melaksanakan seminar di Lembaga Pusat Halal Thailand (The Halal Science Center/HSC) Chulalongkorn Univesity.  Lembaga ini merupakan pusat saintifik instumentasi halal terbesar di Asia Tenggara dan pertama di dunia. Kegiatan yang diprakarsai oleh Departemen Kajian Strategis Pemitha ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana standarisasi halal yang dilakukan selama ini di Thailand. Hal ini dirasa penting, karena halal sangat berkaitan bagi mahasiswa Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan langsung oleh Assoc. Dr. Winai Dahlan selaku Kepala HSC Thailand, mengenai sejarah HSC, standarisasi Halal di Thailand dan riset-riset halal yang selama ini dilakukan. Beliau menjelaskan, bahwa halal tidak hanya ditujukan untuk muslim, tetapi seluruh manusia. Halal adalah standar jaminan akan kualitas yang terbaik. Disela-sela pemaparan beliau, Ajarn* Winai pun menceritakan mengenai sejarah keluarganya dan kisah-kisah masa kecilnya yang berasal dari daerah Kauman, Yogyakarta, Indonesia.  Ajarn Winai merupakan cucu dari KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah.

halal 1Ajarn Winai memberikan pemaparan

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan visitasi fasilitas lab di lembaga ini. Ajarn Manat Suebsantikul selaku Director’s Consultant dan Dr. Asharee selaku kepala lab forensic memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari seluruh peserta. Walaupun muslim di Thailand berjumlah minoritas, proses standarisasi halal dilakukan dengan seksama, saintifik, dan profesional. Memberikan ketenangan bagi konsumen halal di Thailand.

halal 2Antusiasme peserta mendengarkan penjelasan

Acara ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dan pemberian cinderamata dari permitha yang diwakili oleh Fahrizal Adnan selaku Kepala Departemen Kajian Strategis Pemitha kepada Ajarn Winai. Para peserta yang dimintai komentarnya menyampaikan bahwa merasa beruntung dapat menghadiri acara ini, terutama dapat bertemu dan mendapatkan pencerahan mengenai halal melalui Ajarn Winai secara langsung diantara jadwalnya yang padat. (FA)

 halal 3Penyerahan Cinderamata oleh Fahrizal Adnan

Ajarn* = Sebutan untuk orang yang dihormati seperti pengajar ataupun dosen.

Kontributor (FA) Fahrizal Adnan

Comments

comments