Thai Conversation Class 2016

BANGKOK, Departemen Sumber Daya Manusia Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) berhasil mengadakan salah satu program rutin unggulan “Thai Conversation Class”. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 3 September 2016 sampai tanggal 5 November 2016. Tentunya, keberhasilan pengadaan program ini tak lepas dari dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand (KBRI) baik berupa dukungan moral maupun materiil .

Program ini dilaksanakan dengan durasi 3 jam per pertemuan, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini peserta mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Thailand terutama dalam percakapan sehari-hari. Kegiatan ini rutin dilakukan di salah satu ruang Sekolah Indonesia Bangkok dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00. Pemateri “Thai Conversation Class” adalah seorang native speaker yang lancar berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini tentunya memudahkan peserta dalam memahami materi dan mempraktekkan kosa kata yang dipelajari.  Tidak hanya tentang kemampuan bahasa, tetapi para peserta juga mendapatkan pengetahuan tambahan lainnya seperti tentang budaya, sampai dengan pengenalan makanan tradisional khas Thailand (Gambar 1).

thaiclass1
Gambar 1. Suasana kelas

Program ini diikuti oleh 19 orang peserta. Sebagian besar peserta adalah mahasiswa/i Indonesia baik pasca sarjana ataupun doktoral yang sedang menempuh studi di Thailand; dosen Indonesia yang mengajar di Universitas di Thailand, pegawai KBRI, dan juga pegawai swasta yang bekerja di Thailand.

Selain kemampuan berbahasa, program ini menawarkan keuntungan lainnya. Salah satu peserta Thai Class, Putu Dian Maharani, menyebutkan bahwa melalui program ini ia dapat menambah wawasan. Ia menambahkan untuk ke depannya akan lebih baik jika program ini dapat berlanjut.

 

 

Chairunisah Hasanah (Bendahara Departemen SDM Permitha 2016-2017)

Comments

comments