Show Your Identity with Art and Design

BANGKOK– Kegiatan workshop yang diadakan oleh Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) Permitha pada Sabtu lalu (13/05/2017) bertemakan Workshop Design Your Own Posters Easily berhasil menarik 19 orang peserta baik dari kalangan anggota pengurus Permitha maupun dari luar. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dalam hal desain poster yang kreatif, menarik, informatif, dan komunikatif, serta memberikan informasi cara cepat dan mudah pembuatan poster menggunakan smartphone, tab, dan software online.

workshop1

Kegiatan ini diisi oleh Kepala Departemen SDM sendiri, yaitu Elisa Maulidya Saputri yang biasa disapa “Mbak Puput” dan dikenal memiliki kemampuan yang sudah tidak diragukan lagi dalam mendesain poster. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Hubungan Masyarakat (Humas) Permitha pada 2016 tahun lalu. Sekitar pukul 13.30-16.30 waktu Bangkok dan bertempat di SIB (Sekolah Indonesia Bangkok) ruang 102 kegiatan ini pun berjalan dengan lancar dan meriah serta berhasil menarik antusiasme peserta selama kegiatan berlangsung. Irfan Hakim yang biasa disapa “Mas Irfan” selaku moderator pun berhasil memandu berlangsungnya kegiatan sehingga dapat selesai sesuai yang direncanakan. Sambutan yang diberikan oleh pak Irwan Rahadi selaku Presiden Permitha juga telah menambah dan membangkitkan semangat belajar serta merekatkan suasana kekeluargaan diantara pemuda dan pemudi pelajar Indonesia.

workshop2

Dalam kegiatan ini terdapat 2 sesi, sesi pertama diisi dengan penyampaian teori tentang bagaimana mendesain poster yang menarik dan bermutu agar tersampaikan pesan dari isi poster kepada pembaca. Selain itu, juga dijelaskan bahwa poster merupakan salah satu alat komunikasi yang terdiri dari beberapa prinsip seperti kontras, gradasi, harmoni, balance, ruang, proporsi, dan kesatuan. Pada sesi kedua dilanjutkan dengan praktek secara langsung mendesain poster untuk melihat sejauh mana bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh para peserta. Ada 3 tema yang diusung dalam kegiatan desain poster ini, yaitu hari kebangkitan nasional, hari tanpa tembakau, dan hari keluarga.

workshop3Banyak dari peserta yang tidak menyangka bahwa aplikasi Ms Power Point yang umumnya hanya digunakan sebagai media dalam membuat presentasi, ternyata bisa digunakan sebagai media pembuatan poster. Pembuatan poster dengan aplikasi ini ternyata sangat mudah dan efisien. Peserta pun terlihat antusias mengikuti acara ini. Pada akhir acara, terpilihlah 3 poster terbaik yang dinilai oleh Mbak Elisa dan Mas Syukron selaku Kepala Departemen Humas 2017 selaku dewan juri. Pesan berupa quotes yang disampaikan oleh beberapa peserta menambah keriuhan acara ini. Semoga dengan diadakan acara ini, peserta bisa mengaplikasikan Ms Power Point dalam membuat poster akademik ataupun poster lainnya dengan mudah dan efisien sehingga dapat mengasah kreativitas dan imajinasi peserta. (DI)

 

 

 

 

 

Comments

comments