Silaturahmi Kebangsaan untuk Indonesia

BANGKOK– Acara yang berlangsung kemarin malam pada hari Rabu (17/05/2017) dan dimulai pukul 19.00 pm di Gedung Wisma KBRI-Bangkok dihadiri tokoh lintas agama, masyarakat Indonesia di Thailand, dan mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Thailand.

Berbicara tentang kebangsaan tidak terlepas dari rasa nasionalisme pada seseorang, terlebih para pemuda yang sedang berada di luar negeri. Pada prakteknya, nasionalisme menjadi titik poin terpenting akan rasa bangga dan rasa memiliki atau sense of belonging atas Indonesia.

silaturrahmi1

Atas dasar tersebut, silaturahmi kebangsaan yang digagas oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Thailand dengan mengundang Bapak Darto (Sidarto Danusubroto), yang merupakan salah satu ajudan pribadi terakhir dari Presiden Pertama Indonesia, yaitu Soekarno, dan selaku Dewan Pertimbangan Presiden RI saat ini

silaturrahmi2

Pertemuan silaturahmi dikemas dengan suasana penuh kehangatan dengan adanya sedikit pemaparan dari Bapak Darto mengenai bahayanya kelompok radikal. Sesungguhnya, kelompok radikal sudah ada sejak Orde Baru, dan sekarang masih berkembang sampai saat ini. Tentunya, kelompok radikal semacam ini perlu kita waspadai dan netralisir agar tidak menjangkit di kalangan masyarakat secara luas.

Dalam hal ini, pemerintah secara tegas menindak kelompok-kelompok garis keras yang merongrong Pancasila dan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Kelak, kelompok radikal dapat diminimalisir dan pembangunan yang telah diprogramkan oleh pemerintah haruslah di dukung bersama-sama.

Pada dasarnya, semua warga negara haruslah senantiasa mendukung pemerintahan yang sah dan ikut serta dalam pembangunan. Dengan demikian, kesejahteraan sedikit demi sedikit akan tercapai dengan aktifnya peran masyarakat tanpa ada gesekan isu SARA (Suku, Agama, Ras, Antar golongan).

Partisipasi dari rakyat tentunya menyumbang peningkatan kemakmuran rakyat, tengok saja pembangunanan jalan lintas Papua dan harga BBM yang sama rata di Papua dengan Pulau Jawa. Ini langkah nyata dan konkret dari pemerintah untuk Indonesia, terlepas dari panasnya politik yang sedang berkembang di dalam negeri.

Perlu adanya kesadaran dan pengamalan secara lebih pada Pancasila dan kecintaan terhadap NKRI. Mari kita dukung penuh pemerintahan Bapak Jokowi dengan Kabinet Kerjanya. Ketulusan cinta Pak Jokowi terhadap Indonesia terlihat dari beliau yang senantiasa merumuskan strategi untuk mendongkrak kemajuan perekonomian rakyat Indonesia.

silaturrahmi3

Pada akhir demonstrasinya, Bapak Darto menekankan bahwasanya marilah kita belajar dari kepemimpinan dan kesederhanaan dari Bapak Jokowi yang tulus membangun bangsa dan negara hanya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Program kerja yang dicetuskan Kabinet Kerja Bapak Jokowi haruslah didukung semua elemen masyarakat, agar nantinya akan berdampak pada positifnya pembangunan dari Sabang sampai Merauke. (EK-DI)

Comments

comments