Upgrading Knowlegde, Departemen SDM Permitha Gelar Workshop Statistika Dasar

Bangkok (23/9). Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) melalui Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) menjalankan program kerjanya berupa workshop. Kegiatan kali ini bertema Pengenalan Statistika Dasar, diselenggarakan di Sekolah Indonesia Bangkok pada hari Sabtu (23 September 2017). Workshop diikuti oleh 20 orang perserta yang keseluruhannya merupakan mahasiswa Indonesia yang tersebar di beberapa universitas di Bangkok.

Workshop Statistics_170925_0003

 

Acara ini turut dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbut) Kedutaan Besar Republik Indonesia Prof. Dr. Mustari,M.Pd. Beliau menyampaikan pentingnya penerapan statistika dalam dunia akademisi. “Statistika adalah alat, gunakan alat ini untuk menyelesaikan tugas anda sebagai akademisi”, ungkap Bapak Atdikbut yang sebelumnya berprofesi sebagai dosen ini.

Workshop Statistics_170925_0010

Secara umum workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam hal  menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Oleh karena itu, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini perserta akan lebih mahir mengaplikasikan teori ilmu statistika dalam mengelola data secara baik dan benar pada bidang akademis maupun dunia kerja.

Narasumber kegiatan ini adalah Zuraidah Nasution, yang merupakan kandidat PhD di Food Science, Kasetsart University, Thailand. Wanita yang akrab disapa Ida ini mengungkapkan, “Bidang keilmuan yang berbeda akan berakibat pada perbedaan análisis data yang digunakan, sehingga keputusan jenis data yang digunakan dan kesimpulan yang diambil sepenuhnya membutuhkan pemahaman kita terhadap ilmu statistik” pungkasnya.

Workshop Statistics_170925_0026

Kegiatan berlangsung selama 6 jam, dalam bentuk pemaparan materi oleh narasumber, aplikasi penggunaan SPSS dan diselingi dengan diskusi dan tanya-jawab. Kegiatan ini ditutup oleh Irwan Rahadi,S.Pd  selaku Presiden Permitha dengan memberikan cinderamata kepada narasumber. Sampai akhir tahun 2017, departemen SDM Permitha masih akan terus berupaya merealisasikan program kerjanya untuk menambah skill masyarakat Indonesia secara umum dan terkhusus pada mahasiswa Indonesia yang ada di Thailand .(ESR).

 

Workshop Statistics_170925_0015

Comments

comments